CARA MEMBUAT RUMPON SEDERHANA

CARA MEMBUAT RUMPON SEDERHANA

Manfaat Rumpon (Rumah Ikan/Apartemen Ikan)
Rumpon merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang berfungsi sebagai tempat berlindung, mencari makan, memijah, berkumpulnya ikan. Rumpon mempunyai konstruksi menyerupai pepohonan yang di pasang (ditanam) pada suatu tempat perairan laut. Rumpon dapat diartikan juga sebagai tempat berkumpulnya ikan di laut dan dapat dimanfaatkan untuk mengefisiensikan operasi penangkapan ikan bagi para nelayan kecil atau tradisional
Dalam memilih dan menentukan daerah penangkapan ikan, harus memenuhi syarat-syarat antara lain : kondisi daerah penangkapan harus terjaga sehingga ikan akan mudah datang dan berkumpul, daerahnya aman dan alat tangkap mudah dioperasikan, daerah tersebut harus daerah yang secara ekonomis menguntungkan. Rumpon adalah salah satu daerah penangkapan ikan, Sehingga alat tangkap yang dapat dioperasikan di sekitar rumpon adalah rawai tuna, pole and line, pancing ulur (hand line), pukat cincin (purse seine), jaring insang (gill net) dan lain-lainnya. Adapun jenis-jenis ikan di sekitar rumpon antara lain : ikan tuna, cakalang, tongkol, lemuru, kembung dan lain-lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian, metode penangkapan ikan dengan bantuan rumpon yang dipasang di perairan laut sudah terbukti sangat membantu menghemat bahan bakar minyak (BBM) hingga 30% dan meningkatkan ikan hasil tangkapan nelayan. Rumpon adalah salah satu bentuk habitat ikan tiruan yang terbuat dari macam-macam bahan seperti berasal dari daun pohon kelapa, ranting-ranting pohon, bambu, balok-balok beton, ban bekas atau dari bahan lainnya yang dibenamkan di dalam kolam air dan sifatnya menetap atau dapat dipindahkan.
    Tim pengkajian rumpon Institut Pertanian Bogor (1987) memberikan persyaratan umum komponen-komponen dari konstruksi rumpon adalah sebagai berukut:
·         Pelampung
§  Mempunyai kemampuan mengapung yang cukup baik (bagian yang mengapung diatas air 1/3 bagian)
§  Konstruksi cukup kuat
§  Tahan terhadap gelombang air
§  Mudah dikenali dari jarak jauh
§  Bahan pembuatnya mudah didapat
·         Pemikat
§  Mempunyai daya pikat yang baik terhadap ikan
§  Tahan lama
§  Mempunyai bentuk seperti posisi potongan vertical kearah bawah
§  Melindungi ikan-ikan kecil
·         Tali temali
§  Terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah busuk
§  Harganya relatife murah
§  Mempunyai daya apung yang cukup untuk mencegah gesekan terhadap benda-benda lainnya dan terhadap arus
§  Tidak bersimpul (less Knot)
·         Pemberat
§  Bahannya murah, kuat dan mudah diperoleh
§  Massa jenisnya besar, permukaannya tidak licin dan dapat mencengkram
Metode penggunaan rumpon dapat dengan mudah diaplikasikan oleh nelayan kecil karena bahan untuk membuat rumpon atau rumah buatan untuk ikan relatif murah dan gampang ditemukan oleh nelayan kecil. Dengan memasang rumpon-rumpon tersebut, nelayan sudah diuntungkan karena sudah memiliki daerah penangkapan ikan yang sudah jelas dan tetap, sehingga kebutuhan akan BBM mudah diprediksi dan lebih hemat. Ada banyak manfaat dan keuntungan diperoleh nelayan kecil jika dalam penangkapan ikan menggunakan bantuan rumpon seperti : kerusakan lingkungan dapat ditekan karena jenis-jenis alat tangkap ikan yang digunakan memiliki sifat ramah terhadap lingkungan, mendidik nelayan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan pesisir, biaya operasional melaut lebih kecil, ikan hasil tangkapan lebih segar dan tidak banyak rusak serta rumpon juga dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi memancing yang sangat mengasikkan bagi masyarakat perkotaan diwaktu liburan. Disamping itu dengan adanya rumpon yang menyerupai bangunan-bangunan alat tangkap ikan disepanjang pantai juga dapat membantu pemerintah dalam hal meningkatkan kemampuan pada aspek pertahanan dan keamanan nasional.

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

TAHAPAN PENGURUSAN BADAN HUKUM KELOMPOK PERIKANAN (TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM)