Mengenal Mangrove Jenis dan Cara Pembibitan Rhizophora Mucronata

Mengenal Mangrove Jenis dan Cara Pembibitan Rhizophora Mucronata 

Bentuk Pohon


Gambaran umum: Rhizophora mucronata mudah dikenali melalui akarnya yang tegak dan Pengumpulan benih yang sangat panjang, berbagai bentuk daun yang menonjol, ketinggian Memiliki bunga yang membentuk kelompok antara 4-8. Pohon dengan ketinggian 27 m tetapi terkadang ada yang sampai 30 m, diameter batang hingga 70 cm, kulit kayu berwarna gelap hingga hitam dan terdapat celah horizontal. akar berupa akar napas dan akar tunjang.


               Bentuk Bunga                                                                   Bentuk Buah


Ciri-ciri 
  1. Daun lebar dengan ujung daun yang meruncing, di bagian bawah/belakang daun terdapat bintik-bintik hitam
  2. warna daun hijau muda
  3. Buahnya memanjang dan agak membulat, panjang 36-70 cm dengan diameter 3-4 cm, permukaan berbintil dan agak kasar, berwarna hijau agak kecoklatan
  4. Bunganya agak besar berwarna kuning yang terdiri dari 6-8 bunga per kelompok



Cara Pembibitan

 1. Pengumpulan benih : Ketika benih yang ada telah matang dan siap untuk dipetik dari pohon, maka batang berwarna  kuning yang telah siap dipotong akan tampak dengan jelas – pada tahap ini panjang hipokotil    mencapai lebih dari 50 cm.

    2. Penyimpanan benih : Dalam tempat yang teduh dan dalam kondisi lembab selama maksimum 10 hari.

        3. Teknik Penyebaran Benih dan Penanaman Dalam Pot : Tanah yang digunakan sebaiknya adalah tanah yang berlumpur (mengandung kadar garam).    Benih haruslah ditanam sedalam 10 cm. Kantong plastik yang digunakan sebaiknya berukuran  sedang hingga besar.

       4. Penutupan: Dibutuhkan penutupan sebanyak 50%, bukalah penutup ini 1 bulan sebelum proses  penanaman dilakukan.

    5. Pengairan : Jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna    menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

        6. Siap untuk ditanam : bila tanaman bibit lebih tinggi dari 55 cm, dan terdapat lebih dari dua pasang daun, biasanya  ketika berusia 4-5 bulan.

       7. Letak pada garis pantai:  sebaiknya diletakkan pada lokasi yang memiliki kadar garam rendah pada permukaan yang    berlumpur lembek, dan diantara posisi air laut rata-rata serta rata-rata gelombang pasang yang  tertinggi. 

        8. Jarak penanaman : sistem akar tegak membutuhkan ruang yang cukup sehingga jarak sebanyak 1 m x 2 m dan 2 m   x 3 m adalah yang terbaik.

         Sumber:
         http://konservasi-laut.blogspot.co.id/2011/08/rhizophora-mucronata.html








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

TAHAPAN PENGURUSAN BADAN HUKUM KELOMPOK PERIKANAN (TERDAFTAR DI KEMENKUMHAM)