Mengenal Kultur Jarinngan Rumput Laut


Mengenal Kultur Jarinngan Rumput Laut


Apa itu Kultur Jaringan Kultur jaringan? dalam bahasa asing disebut tissue culture. Tissue atau jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama sedangkan culture atau kultur adalah budidaya. Pengertian kultur jaringan secara umum berarti membudidayakan suatu potongan jaringan pada media in vitro secara aseptik hingga membentuk individu baru berdasarkan totipotensi. Kultur jaringan pada rumput laut merupakan kultur eksplan (fragmen tallus) secara aksenik dalam media air laut artificial yang diberi zat pengatur tumbuh (ZPT) dan zat pengkaya yang dapat memberikan efek regenerasi.





Jenis rumput laut yang dapat di kultur jaringan
Jenis rumput laut yang dapat di kultur jaringan Pada dasarnya semua jenis tanaman dapat diperbanyak melalui kultur jaringan. Hal yang sama juga dapat dilakukan pada rumput laut, semua jenis rumput laut dapat diperbanyak melalui kultur jaringan. 

Mengapa kultur jaringan? Metode penyediaan bibit secara konvesional ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya ketersediaan bibit yang sangat tergantung dari kondisi alam, adanya potensi penurunan kualitas rumput laut karena pemakaian bibit yang berulang-ulang dalam beberapa kali siklus budidaya, umur bibit yang melebihi standar dan tidak ada perbaikan kualitas bibit. Penggunaan bibit dari alam memiliki permasalahan pada variasi fisiologinya seperti pertumbuhan dan kandungan agar. Budidaya rumput laut menggunakan bibit yang diproduksi secara vegetatif dari sisa hasil budidaya memungkinkan epifit, parasit atau patogen dari rumput laut hasil panen sebelumnya terbawa kembali pada siklus budidaya selanjutnya dan dapat mengakibatkan penurunan produksi.


Sumber:
http://bppbapmaros.kkp.go.id/wp-content/uploads/Newsletter-kultur-jaringan_Januari_2.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

Proses Pembuatan Nugget Ikan