Pembuatan Kerupuk Ikan


Pembuatan Kerupuk Ikan

Kerupuk merupakan salah satu makanan ringan yang saat ini semakin digemari oleh banyak orang. Selain karena harganya yang ekonomis, kerupuk pun cocok untuk dijadikan lauk pendamping makan berat. Karena itu kami berikan. Salah satu jenis kerupuk yang membuat lidah bergoyang ini adalah kerupuk ikan. Kerupuk ikan merupakan makanan atau cemilan yang kaya akan protein dimana bahan dasarnya berupa berbagai macam jenis ikan yang selalu dipanen oleh para nelayan dalam jumlah yang melimpah. Anda tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan hasil laut ini. Cara Membuat Kerupuk Ikan ini relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Hal ini menjadikan bisnis kerupuk ikan sangat cocok untuk dirintis oleh pengusaha kecil maupun besar di Indonesia.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan
1.       3 kg gram ikan tenggiri, dan ambil daging nya saja sebanyak 1,5 kg
2.       1 kg tepung tapioka
3.       5 siung bawang putih
4.       1 sendok makan garam
5.       ¼ sendok makan soda kue

Cara Membuat Kerupuk Ikan
a.     Daging ikan yang sudah dihilangkan durinya menggunakan mesin atau secara manual bisa anda cuci terlebih dahulu, kemudian anda masukkan ke dalam mesin penggiling, dan giling daging ikan tenggiri tersebut hingga halus.
b.       Kemudian haluskan bawang putih, garam dan soda.
c.    Kemudian campurkan daging ikan dengan bumbu yang sudah anda siapkan tersebut ke dalam cobek dan ulek hingga adonan mengembang.
d.   Tambahkan tepung tapioka kurang lebih 300 gram dan uleni hingga tepung tercampur rata dengan daging ikan tersebut.
e.    Uleni dengan tangan hingga adonan menjadi kenyal dan bisa dibentuk, kemudian bentuk dengan mencetaknya dengan cetakan atau masukkan ke dalam plastik atau daun pisang.
f.     Setelah itu, kukus adonan yang sudah anda cetak hingga matang, cara mengetahui apakah sudah matang atau tidak dengan cara menusukkan lidi ke dalam adonan yang anda kukus tersebut, kemudian jika adonan sudah tidak lengket, anda bisa segera mengangkatnya dari alat pengukus. 
g.   Diamkan adonan tersebut hingga dingin dan mengeras, kemudian potonglah adonan tersebut tipis-tipis dengan menggunakan pisau atau anda bisa menggunakan alat pemotong adonan.
h.  Jemur kerupuk ikan mentah yang sudah anda iris tersebut hingga bena rbenar kering, untuk menghemat waktu, anda bisa menggunakan mesin pengering adonan agar hasilnya lebih bagus dan lebih cepat.
i.      Jika sudah kering, anda bisa menggorengnya secara langsung kemudian di sajikan atau di kemas ke dalam plastik, atau anda bisa juga menyimpan nya dalam keadaan mentah dan bisa menggorengnya dikemudian hari.

Sumber:
 Jurnal Biology Science dan Education IAIN Ambon 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

Proses Pembuatan Nugget Ikan