Agar Strip, Inovasi Pangan Sehat dari Rumput Laut


Agar Strip, Inovasi Pangan Sehat dari Rumput Laut




Agar strip menjadi salah satu produk inovasi dari bahan baku rumput laut Gracillaria, sp. yang dihasilkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam hal ini Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) di bawah Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP). Produk ini telah berhasil diterapkan oleh Koperasi Mina Agar Makmur di Kabupaten Karawang yang juga merupakan mitra binaan Corporate Sosial Responsibility PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field.

Menurut Plt. Kepala BBP2HP, Muhammad Wahidin, “Ide inovasi “agar strip” berawal dari masukan dari Direktur PT. Agarindo Bogatama, Bapak Soerianto Kusnowirjono ditahun 2017 untuk dapat membuat “agar strip” yang dibutuhkan tetapi belum diproduksi di Indonesia”. Kemudian BBP2HP menjadikan usulan tersebut sebagai salah satu target kinerja dan mewujudkan rekayasa produk inovasi “agar strip” pada tahun 2018 sebagai produk olahan hasil kelautan dan perikanan yang mengandung serat tinggi dan cocok dijadikan menu diet. Makanan tersebut banyak dipasarkan di luar negeri seperti Jepang dan Cina.

“Dalam implementasi penerapan hasil rekayasa produk inovasinya di tahun 2019, BBP2HP menggandeng Koperasi Mina Agar Makmur yang diketuai Bapak Usup Supriatna yang juga mitra binaan PT. Agarindo Bogatama”, ungkap Wahidin.

Pada 25 September 2019, dalam acara yang bertajuk “Seanergy Pesisir Berseri” dilaksanakan peresmian gudang rumput laut dan Dapur Kreatif Anugerah Pertiwi bertempat di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Hendro Subroto, Plt. Kepala BBP2HP KKP, M. Wahidin, Direktur PT Agarindo Bogatama, Soerianto Kusnowirjono, Manajer PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, Ceppy Agung Kurniawan, serta para pembudidaya dan pengolah rumput laut.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Hendro Subroto menyampaikan bahwa kerjasama dengan BBP2HP KKP terkait inovasi teknologi pengolahan dapat terus bersinergi dan penerapan Agar strip atau teknologi lainnya selanjutnya bisa direplikasi dan dikembangkan oleh pengolah rumput laut selain Bapak Usup Supriatna.

Gudang rumput laut yang diresmikan saat ini dikelola oleh Koperasi Mina Agar Makmur yang diketuai oleh Usup Supriatna. Koperasi ini bekerja sama dengan PT. Agarindo Bogatama. Agarindo menyerap sekitar 1.500 ton rumput laut yang dihasilkan Koperasi Mina Agar Makmur dari total penyerapan PT. Agarindo setiap tahun sekitar 15.000-18.000 ton per tahun. "Kami juga ikut memberikan masukan kepada mereka untuk perbaikan kualitas rumput laut. Ini kan secara langsung akan meningkatkan harga beli ke produsen," ujar Soerianto.

Usai peresmian Gudang Rumput Laut, dilanjutkan peresmian Dapur Kreatif Anugerah Pertiwi sebagai tempat pengolahan rumput laut. “Saya senang karena produk agar strip tergolong produk baru sehingga menjadi tantangan buat mengembangkannya sekaligus memberdayakan ibu-ibu yang ada di Desa Sedari untuk memproduksi olahan berbahan baku rumput laut”, ujar Usup.

Selain menerapkan “agar strip” sebagai salah satu produk olahan unggulannya, Koperasi Mina Agar Makmur juga telah membuat produk turunan agar strip yaitu Mie Krystal. Penyajian Mie Kristal ini dapat dinikmati layaknya mie instan yang biasa beredar di pasaran. Hanya bedanya pada kandungan gizinya, mie Kristal bebas karbohidrat, tanpa kandungan glutein, kaya akan serat dan mineral.

Mengenai rasa dari Mie Kristal, menurut bu Suminah salah satu peserta yang turut mencicipi mengatakan “Rasanya tidak kalah dengan mie instan biasa, enak dan gurih apalagi jika ditambah baso ikan atau sosis ikan tentu akan lebih menarik”.

Harapannya, sinergi BBP2HP KKP, PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, Koperasi Mina Agar Makmur, PT. Agarindo Bogatama dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang akan terus diperluas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karawang dan sekitarnya.

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

Proses Pembuatan Nugget Ikan