Teknik Pembesaran Ikan Kakap Putih (Lates Calcarifer, Bloch) Di Karamba Jaring Apung

Teknik Pembesaran Ikan Kakap Putih (Lates Calcarifer, Bloch) 
Di Karamba Jaring Apung

Rincian dan aplikasi teknis/persyaratan teknis yang dapat Dipertanggungjawabkan
3.1. Persyaratan Teknis Penerapan Teknologi:
Persyaratan teknis dalam penerapan teknologi pembesaran ikan kakap putih yang perlu diperhatikan telebih dahulu adalah pemilihan lokasi. Hal ini merupakan factor terpenting dan sangat menentukan dalam keberhasilan kegiatan tersebut. Pemilihan lokasi yang tidak tepat dapat berpengaruh buruk terhadap tingkat keberhasilan usaha dan berakibat fatal apabila lokasi budidaya tidak  mempertimbangkan factor teknis dan non teknis serta persyaratan umum lainnya. Lokasi yang bermasalah dengan tingkat resiko yang tinggi serta tidak memenuhi persyaratan ekologis sebaiknya dihindari.
Lokasi yang memenuhi persyaratan secara teknis akan mampu membantu kesinambungan usaha dan target produksi. Tiga faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu persyaratan umum, persyaratan sosial ekonomis dan persyaratan kualitas air (parameter fisika dan kimia).
a) Persyaratan Umum
 Kedalaman perairan
Kedalaman perairan ideal untuk usaha pembesaran ikan kakap putih adalah 5- 15 meter. Perairan yang terlalu dangkal atau kurang dari 5 meter dapat mengurangi kualitas air karena dimungkinkan adanya polutan atau limbah hasil budidaya dan limbah lainnya.
Terlindung dari angin, gelombang besar, erosi dan banjir
Perairan terbuka yang selalu menerima hempasan gelombang besar dan angina yang kuat tidak disarankan dijadikan lokasi budidaya. Lokasi demikian dapat merusak konstruksi sarana budidaya (rakit) dan dapat mengganggu aktifitas budidaya seperti pemberian pakan. Tinggi gelombang yang disarankan untuk budidaya ikan kakap putih tidak lebih dari 0,5-1,0 meter. Selain itu lokasi  budidaya hendaknya bebas dari erosi dan banjir akibat pasang naik maupun luapan sungai pada musim penghujan.
Jauh dari bahan pencemaran
Lokasi yang bebas dari limbah industri, pertanian, rumah tangga, dan limbah tambak sangat dianjurkan. Limbah rumah tangga biasanya menyebabkan tingginya konsentrasi bakteri di perairan sedangkanlimbah industry menyebabkan tingginya konsentrasi logam berat. Limbah tambak meningkatkan kesuburan perairan sehingga organisme penempel seperti teritip
atau kerang-kerangan tumbuh subur dan akhirnya menutupi jaring.
Dekat sumber pakan dan faktor kemudahan
Lokasi harus dekat dengan sumber pakan karena pakan merupakan kunci keberhasilan budidaya. Daerah yang aksesnya mudah dan terjangkau baik dengan roda 2 maupun roda 4 akan memudahkan transportasi barang dari tempat usaha budidaya ke tempat lainnya dan begitu pula sebaliknya. Bilamana pakan yang digunakan berupa ikan hasil tangkapan, berarti usaha budidaya
harus dekat dengan sumber penangkapan ikan yang menggunakan lift-net atau bagan agar pakan dengan mudah dapat diperoleh dengan harga terjangkau.
Keamanan
Lokasi yang kurang terjamin keamanannya sebaiknya dihindarkan. Di lokasi yang sering terjadi pencurian akan mengakibatkan produksi dan keuntungan usaha yang diharapkan tidak bisa tercapai.
b) Persyaratan sosial ekonomis
Beberapa persyaratan yang berkaitan dengan sosial ekonomis perikanan budidaya adalah:
1.       Lokasi tersebut mudah dicapai dan tidak terlalu jauh dari daerah pemasaran
2.       dan unit pengolahan.
3.       Status tanah harus jelas kepemilikannya untuk pemantapan investasi.
4.       Perencanaan pengembangan wilayah perlu diperhatikan untuk menghindari  terjadinya benturan penggunaan lahan dengan kegiatan lainnya.
5.       Usaha ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.
c) Persyaratan kualitas air
Beberapa persyaratan kualitas air yang perlu diperhatikan antara lain kualitas fisik air dan kualitas kimia air.
1. Kualitas fisik air
Kualitas fisik air yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi terbaik untuk budidaya ikan kakap putih antara lain kecepatan arus air, kecerahan air dan suhu.
- Kecepatan arus air
Kecepatan arus yang ideal untuk budidaya yaitu 20-40 cm/detik. Kuatnya arus dapat menyebabkan bergesernya posisi rakit. Sebaliknya, arus air yang terlalu kecil dapat mengurangi pertukaran air keluar masuk jaring. Hal ini akan berpengaruh terhadap ketersediaan oksigen terlarut dan timbulnya penyakit terutama akibat parasit yang mudah menyerang ikan.
 - Kecerahan air
Kecerahan perairan merupakan salah satu indikator untuk menentukan lokasi. Perairan dengan tingkat kecerahan sangat tinggi (jernih) sangat baik sebagai lokasi budidaya. Sebaliknya perairan dengan tingkat kecerahan sangat rendah menandakan tingkat bahan organik terlarut sangat tinggi. Perairan demikian dikatagorikan cukup subur dan tidak baik digunakan. Perairan yang sangat subur akan mempercepat perkembangan organisme penempel seperti lumut, cacing dan kerang-kerangan. Selain itu jaring akan cepat kotor. Kecerahan perairan yang cocok untuk budidaya ikan kakap putih adalah lebih besar dari 5 meter.
- Suhu
Perairan laut cenderung bersuhu konstan. Perubahan suhu yang tinggi suatu perairan laut akan mempengaruhi proses metabolisme, aktivitas tubuh, dan syaraf ikan. Suhu optimal untuk pertumbuhan ikan kakap putih yaitu 26-32 °C.
2. Kualitas kimia air
Kualitas kimia air biasanya menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan lokasi. Beberapa parameter kualitas kimia air adalah sebagai berikut :
- Salinitas (Kadar garam)
Ikan kakap putih mempunyai sifat euryhaline. Akan tetapi, fluktuasi salinitas yang ekstrem dapat mempengaruhi pertumbuhan dan nafsu makan ikan. Adapun salinitas yang ideal untuk budidaya ikan kakap putih adalah 15-32 ‰.
- Derajat keasaman (pH)
Tolok ukur untuk menentukan kondisi suatu perairan adalah pH (derajat keasaman). Suatu perairan yang memiliki pH rendah dapat menurunkan derajat pertumbuhan ikan dan ikan menjadi lemah serta lebih mudah terinfeksi penyakit. Hal ini biasanya diikuti dengan tingginya tingkat kematian ikan. Ikan kakap putih akan sangat baik bila dipelihara pada air laut dengan pH 6,8-8,5.
- Oksigen Terlarut
Konsentrasi dan ketersediaan oksigen terlarut (DO) dalam air sangat dibutuhkan untuk hidup ikan dan organisme air lainnya. Konsentrasi oksigen dalam air mempengaruhi daya dukung perairan, tingkat pertumbuhan ikan dan akhirnya pada konversi pakan. Ikan kakap putih dapat hidup layak dalam karamba jaring apung dengan konsentrasi oksigen terlarut >5,0 ppm

 3.2. Uraian Secara Lengkap dan Detail SOP:
a. Gambaran/Uraian/Rincian Teknologi.

Budidaya pembesaran ikan Kakap Putih merupakan kegiatan pemeliharaan di dalam KJA dari benih ukuran tertentu hingga mencapai ukuran konsumsi (ukuran minimal 500 gram/ekor). Kegiatan budidaya pembesaran ikan Kakap Putih di KJA meliputi persiapan wadah pemeliharaan,peralatan dan persiapan benih; penebaran benih dan pengaturan kepadatan benih, aklimatisasi; manajemen pemeliharaan, pakan dan pemberian pakan; pengamatan populasi dan pertumbuhan, sampling dan pemilahan ukuran; pengendalian hama penyakit, pemeliharaan lingkungan, pengamatan kualitas air, pergantian dan pencucian jarring; serta panen (Gambar 1)

-   Frekuensi pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari dengan dosis pakan harian sebesar 7-10 % dari biomass untuk ukuran ikan kurang dari 100 gram, sedangkan untuk ikan yang lebih besar dari 100 gram frekuensi pemberian 2 kali sehari dengan dosis pakan hariannya berkisar 3-5 % dari biomass.
-   Pakan yang diberikan berupa pakan buatan (pellet) dengan pemberian vitamin C dan multivitamin. Selain itu penambahan probiotik pada ransum juga dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan ikan dan stabilitas lingkungan. Dosis pemberian vitamin, multivitamin dan probiotik adalah 2 gram per kg pakan dengan frekuensi pemberian setiap hari untuk ukuran ikan di bawah 50 gram, dan cukup 2 kali dalam seminggu untuk ukuran ikan di atas 50 gram.
-   Pergantian dan pencucian jaring dilakukan secara berkala atau secara kondisional.
-   Sampling dan grading (pemilahan ukuran) dilakukan 1 kali dalam sebulan untuk ikan yang berukuran di atas 100 gram dan 2-3 kali dalam sebulan untuk ikan yang di bawah 100 gram.
-   Tindakan pencegahan terhadap parasit dilakukan dengan cara perendaman ikan dengan air tawar mengandung iodine dengan dosis 2-5 ppm. Frekuensi perendaman 1 kali seminggu untuk ikan berukuran kurang dari 100 gram dan 1-2 kali dalam sebulan untuk ikan yang sudah besar (>100 gram).
-   Pemeliharaan ikan kakap putih di KJA dilakukan selama 6-7 bulan hingga ukuran panen ≥500 gram per ekor.



-         Pergantian dan pencucian jaring dilakukan secara berkala atau secara kondisional.
-        Sampling dan grading (pemilahan ukuran) dilakukan 1 kali dalam sebulan untuk ikan yang berukuran di atas 100 gram dan 2-3 kali dalam sebulan untuk ikan yang di bawah 100 gram.
-   Tindakan pencegahan terhadap parasit dilakukan dengan cara perendaman ikan dengan air tawar mengandung iodine dengan dosis 2-5 ppm. Frekuensi perendaman 1 kali seminggu untuk ikan berukuran kurang dari 100 gram dan 1-2 kali dalam sebulan untuk ikan yang sudah besar (>100 gram).
-     Pemeliharaan ikan kakap putih di KJA dilakukan selama 6-7 bulan hingga ukuran panen ≥500 gram per ekor.
      

     Sumber:
Rekomendasi Teknologi KP 2014, badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan
Tim Penemu
Sahidan Muhlis, S.Pi., MP.
M. Aola HM, S.St.Pi,
Dikrullah, A.Md.
Meiyer Siregar

Komentar

  1. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.marioqq88. club
    - www.marioqq88. org

    BalasHapus
  2. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih

    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.

    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan

    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.

    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder

    Beberapa keunggulan nya yaitu :

    - Fleksibel

    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.

    - Low Maintance

    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.

    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder

    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya

    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.

    2. Memiliki Ukuran yang besar

    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara

    Tenda kerucut / sarnafil

    Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gr Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.

    Tenda jenis ini dapat digunakan

    - Berbagai kegiatan promosi / event.

    - Bazar, Seminar dan Pameran.

    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m.



    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://tendagudangbogor.blogspot.com/

    Twitter : @TangerangRoder

    Instagram : @tendapameranjakarta

    Instagram : @tendagudangjakarta

    SHOPEE : @https:tendarodertangerang

    TOKOPEDIA :@partisipameran23

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

Proses Pembuatan Nugget Ikan