Mengenal Ikan Mola-Mola

Ikan Mola-Mola : Ikan Seram yang Ramah dan Menggemaskan
Ikan mola-mola atau millstone, atau yang biasa disebut dalam Bahasa Inggris Sunfish atau ikan matahari karena punya kebiasaan berjemur untuk menghangatkan diri, memiliki bentuk tubuh besar sekali. Pipih seperti bakso gepeng.
Kalau dalam bahasa Inggris ikan ini dijuluki sunfish, mengapa kita menyebutnya ikan mola-mola, ya? Ternyata nama mola-mola diambil dari mola dalam bahasa Latin yang berarti batu giling. Batu giling tersebut bentuknya bulat pipih, berat, dan berwarna abu-abu. Pada zaman itu, batu giling tersebut digunakan untuk menggiling aneka biji-bijian. Oh, ya, warna ikan mola-mola bervariasi, lho. Ada yang berwarna abu-abu, cokelat, putih, atau bahkan bercorak titik-titik. Selain warna yang beragam, permukaan kulit ikan ini diselubungi lendir sehingga jika dilihat dari jauh, kulitnya terlihat halus. Namun, jika kita raba sebenarnya kulitnya kasar.
Ada beberapa fakta mengenai ikan mola-mola yang sedikit mengeherankan, yang mungkin belum kalian ketahui. Ikan mola-mola meskipun tinggal di laut, ikan ini alergi dengan air dingin! Ikan mola-mola tidak dapat hidup di suhu di bawah 12 derajat celcius, lho!
Tidak seperti ikan-ikan lain pada umumnya, ikan mola-mola tidak punya sirip ekor. Namun, mereka punya sirip yang membentang dari atas sampai bawah (calvus). Oleh karena itu, ikan mola-mola tidak bisa berenang bebas
melawan arus dan gerakannya cenderung lambat. Meskipun begitu, ikan mola-mola senang meloncat ke permukaan seperti paus.
Tempat tinggal ikan mola-mola tersebar di seluruh perairan dunia kecuali Kutub Utara dan Kutub Selatan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ikan mola-mola tidak bisa tinggal di perairan dingin. Ikan mola-mola ternyata merupakan hewan nokturnal. Apa artinya? Artinya ikan mola-mola lebih aktif pada malam hari jika dibandingkan siang hari. Biasanya mereka akan muncul ke permukaan dan menghabiskan siang hari berenang di kedalaman air hangat. Hal ini dipengaruhi oleh sumber makanan ikan mola-mola yang ada di perairan hangat.
Terkait beratnya, konon tulang ikan mola-mola dewasa bisa mencapai 1.000 kilogram! Berat rata-rata ikan mola-mola bisa mencapai 2,2 ton atau paling berat ada yang mencapai 5,1 ton, dengan panjang mencapai 3-4 meter. Maka tak heran jika mereka dijuliki ikan bertulang terbesar di dunia.
Meskipun terlihat seram karena ukuran badannya besar, ikan mola-mola ternyata sahabat baik manusia. Kalian bisa menyelam dan berenang bebas dengan ikan mola-mola. Salah satunya di daerah Nusa Penida, Bali antara Juli-Agustus. Bagi yang tertarik berenang dengan ikan mola-mola, perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya jangan sembarangan menyentuh ikan mola-mola atau menarik sirip perutnya. Wah, sama seperti kita, ikan mola-mola pasti bisa merasakan sakit jika anggota tubuhnya ditarik, dan akan bereaksi cepat yang bisa membahayakan kita. Jadi tetap hati-hati iya.

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

Proses Pembuatan Nugget Ikan