Mengenal Si Cantik Kipas Laut

Sekilas tentang Kipas Laut, Biota Cantik Nan Unik



Kipas yang satu ini unik karena bukan seperti kipas yang sering kita gunakan untuk mengusir panas dan gerah. Apa saja keunikannya? Yuk simak info berikut!

Sebenarnya kipas laut itu apa, ya? Kipas laut merupakan jenis koral (karang) dari jenis Gorgonia. Jenis karang Gorgonia memiliki ciri khas tersendiri, yaitu terdiri dari polip silinder yang bentuknya menyerupai kipas. Setiap polip memiliki 8 tentakel yang digunakan untuk menangkap plankton yang merupakan makanan kipas laut. Ngomong-ngomong apa itu polip? Polip adalah hewan utama pembentuk terumbu karang yang menghasilkan zat kapur. Berarti karang adalah hewan, bukan tumbuhan. Jadi jangan sampai mengira kipas laut ini tumbuhan laut, ya!

Sampai saat ini ada 500 jenis kipas laut yang ada di dunia. Habitat kipas laut ada di perairan dangkal negara yang beriklim tropis, termasuk Indonesia. Namun, ada juga kipas laut yang tumbuh di perairan dalam dan biasanya lebih cepat menjerat mangsanya. Warnanya pun beraneka ragam. Oleh karena itu, banyak sekali penyelam yang mengabadikan kipas laut dengan memotretnya.

Eh, tapi jangan pernah mencoba menyentuhnya, ya! Meskipun kipas laut dapat tumbuh hingga 100 tahun, kipas laut menjadi jenis karang yang paling cepat rusak! Seperti yang pernah Mila jelaskan, karang butuh waktu yang lama untuk bisa kembali pulih atau tumbuh, bahkan hingga ratusan tahun. Karena itu jangan sekali-kali menyentuh atau merusaknya.

Beberapa hewan laut memanfaatkan keberadaan kipas laut. Misalnya kuda laut yang memanfaatkan kipas laut sebagai rumahnya. Ada juga beberapa jenis ikan yang menyamar agar mirip dengan kipas laut supaya tidak tertangkap musuh. Contohnya seperti ikan goby yang cepat-cepat bersembunyi di kipas laut saat sedang dikejar mangsa.

Diterpenes adalah semacam senyawa organik yang dikeluarkan kipas laut melalui jaringannya. Diterpenes ini berfungsi agar mereka tidak diganggu oleh predator sehingga tidak ada yang berani mampir ke kipas laut. Namun, ada yang tidak terpengaruh oleh diterpenes yang dikeluarkan kipas laut. Siapa mereka? Mereka adalah siput lidah flamingo dari genus Cyphoma.

Sumber: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

Proses Pembuatan Nugget Ikan