AIS, Aplikasi Pertama di Indonesia Mengenal Ikan Spesies Asing dan Invasif


AIS, Aplikasi Pertama di Indonesia Mengenal Ikan Spesies Asing dan Invasif

Sumber Foto Pusat Karantina, Badan Karantina, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Pangan

Pengetahuan masyarakat tentang ikan spesies asing dan atau invasif di Indonesia, masih sangat rendah. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang tidak tahu. Kenyataan itu sangat miris jika melihat Indonesia sebagai negara yang dianugerahi laut, sungai, dan danau.
Oleh karena itu Sekolah Tinggi Perikanan (STP), sekolah kedinasan di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berinisiatif membuat aplikasi tentang ikan spesies asing dan invasif. Aplikasi sudah dirilis untuk umum.
Ketua STP Mochammad Heri Edy mengatakan aplikasi ciptaan timnya merupakan yang pertama ada di Indonesia dan di dalamnya berisi databaseikan spesies asing dan invasif yang ada di Indonesia. Aplikasi tersebut bernama Alien and Invasive Species (AIS) dan diharapkan menjadi panduan bagi masyarakat untuk mengenali ikan dari spesies asing dan invasif.
“Ini adalah aplikasi yang sangat baik dan bermanfaat luas, merupakan aplikasi yang pertama yang menghimpun ikan spesies asing dan invasif Indonesia,” ungkapnya belum lama ini di Jakarta.
Menurut Heri, keberadaan aplikasi tersebut juga sekaligus menandai peran aktif dunia kampus STP untuk ikut masuk dalam revolusi industri 4.0 yang sekarang sedang berlangsung. Aplikasi AIS diharapkan bermanfaat bukan hanya untuk masyarakat umum saja, tapi juga akademisi, peneliti, dan instansi KKP seperti Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).
Sumber: https://www.mongabay.co.id/2018/08/08

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Pengemasan Produk Berbahan Nabati dan Hewani

Proses Pembuatan Nugget Ikan